Analisis laporan keuangan untuk menilai kinerja manajemen publik bidang industri rokok (Studi pada Perusahaan Publik bidang Industri Rokok di BEJ)

[error in script] (2006) Analisis laporan keuangan untuk menilai kinerja manajemen publik bidang industri rokok (Studi pada Perusahaan Publik bidang Industri Rokok di BEJ). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Tiap perusahaan dalam kegiatan ekonominya mempunyai dua tujuan utama yaitu untuk memperoleh laba dan untuk kelangsungan usaha perusahaan. Tujuan tersebut dapat tercapai apabila perusahaan mampu menggunakan seluruh sumber daya yang dimiliki dan menjalankan operasi perusahaan secara efektif dan efisien.
Ruang Lingkup Penelitian, Ruang lingkup penelitian ini adalah manajemen keuangan yang difokuskan pada analisis laporan keuangan yang digunakan dalam menilai kinerja manajemen dalam mengelola perusahaan. Obyek Penelitian, Perusahaan yang dijadikan sebagai obyek penelitian dalam studi ini adalah perusahaan industri rokok yang terdaftar dan sahamnya diperdagangkan sejak tahun 2000-2004 di Bursa Efek Jakarta (BEJ).. Sedangkan perusahaan yang dijadikan sampel dalam obyek penelitian ini yaitu, PT. Gudang Garam, PT. HM Sampoerna dan PT. Bentoel Internasional Investama. Alasan perusahaan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah : Jenis Data, Dalam penelitian ini digunakan jenis data yang terdiri dari : Data kuantitatif, yaitu data yang meliputi neraca dan laporan laba rugi tahun 2000 - 2004. Data kualitatif, data kualitatif yang terdiri dari :1) Struktur organisasi perusahaan, 2) Sejarah singkat perusahaan. Teknik Analisis Data, Teknik analisis yang digunakan adalah analisis ratio, yaitu dengan cara membandingkan ratio-ratio keuangan beberapa periode untuk masing-masing perusahaan yaitu PT. Gudang Garam, PT. HM Sampoerna dan PT. Bentoel Internasional Investama. Teknik analisis ratio ini terdiri dari : a. Ratio likuiditas, 1) Current ratio , 2) Quick ratio 3) Working capital to asset ratio, 4) Cash ratio, b.Ratio leverage, 1) Total debt to equity ratio, 2) Total debt to asset ratio , 3) Time interst earned ratio c. Ratio Profitabilitas, 1) Operating profit margin, 2) Net profit margin, 3) Return on investment, 4) Return on equity d. Ratio aktivitas, 1) Total asset turnover, 2) Inventory turnover, 3) Receivable turnover
Dari ketiga perusahaan rokok yang diteliti dapat disimpulkan dari semua ratio yang digunakan bahwa PT. HM Sampoerna memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan perusahaan lebih baik dibandingkan dengan kedua perusahaan yang lain. Hal ini menunjukkan dalam pengelolaan manajemen PT. HM Sampoerna dapat merencanakan dan mengimplementasikan kemampuan kinerja manajemen dalam setiap tindakan secara konsisten dengan tujuan memaksimalkan kinerja perusahaan. Pihak manajemen PT. HM Sampoerna mampu untuk mengambil tindakan jangka panjang bagi perusahaan dan dapat mengantisipasi resiko yang timbul dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Iffah Farida NIM : 01230156
Uncontrolled Keywords: Analisis laporan keuangan, manajemen publik, industri rokok.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 05 Mar 2021 02:09
Last Modified: 05 Mar 2021 02:09
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item