Pengaruh tingkat suku bunga deposito dan nilai kurs dollar AS (USD) terhadap volume perdagangan saham perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta

[error in script] (2006) Pengaruh tingkat suku bunga deposito dan nilai kurs dollar AS (USD) terhadap volume perdagangan saham perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tingkat suku bunga deposito dan nilai kurs dollar AS (USD) terhadap volume perdagangan saham perbankan yang terdaftar di BEJ, karena pengaruh tersebut dapat berakibat langsung pada perkembangan perusahaan publik yang ada di Indonesia. Perkembangan dunia usaha yang semakin meningkat dewasa ini membuat banyak orang membutuhkan tersedianya dana yang cepat untuk menambah modal dan dilain pihak banyak pula orang yang ingin menginvestasikan dananya karena menginginkan keuntungan.
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, peneliti akan memfokuskan obyek penelitian tentang “Pengaruh Tingkat Suku Bunga Deposito dan Nilai Kurs Dollar AS (USD) terhadap Volume Perdagangan Saham Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta”.
Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: 1) Untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara tingkat suku bunga deposito dan nilai kurs dollar AS (USD) terhadap volume perdagangan saham perbankan yang terdaftar di BEJ. 2) Untuk menguji variabel yang berpengaruh dominan terhadap volume perdagangan saham perbankan yang terdaftar di BEJ.
Sampel yang dipakai adalah data tingkat suku bunga deposito diambil rata-rata tingkat suku bunga deposito pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEJ selama bulan Januari 2003 sampai Desember 2004. Pada nilai kurs Dolar AS (USD) sampel diambil dari harga penutupan pada setiap akhir bulannya. Sedangkan pada volume perdagangan saham populasi dan sampel diambil dari perusahaan perbankan di BEJ, data diambil pada tiap akhir bulan dengan periode pengamatan selama tahun Januari 2003 sampai Desember 2004.
Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa data kuantitatif yaitu suatu teknik analisa data yang menggunakan angka-angka agar pemecahan masalah dapat dihitung secara pasti dengan perhitungan matematik dan statistik menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil pengujian hipotesis I dengan menggunakan uji F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel sehingga Ha diterima, jadi terbukti bahwa perubahan tingkat bunga deposito dan nilai kurs, secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perubahan volume perdagangan saham.
Dari hasil pengujian dengan menggunakan uji t untuk menguji masing-masing variabel bebas, maka tingkat bunga deposito (X1) dan nilai kurs dollar AS (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume perdagangan saham perbankan dimana thitung > -ttabel dan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05, dan berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa faktor yang dominan yang mempengaruhi volume perdagangan saham adalah tingkat bunga Deposito.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Ni Putu Kristina NIM : 02230072
Uncontrolled Keywords: Suku bunga, deposito, kurs dollar, saham, bursa efek Jakarta.
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 05 Mar 2021 02:48
Last Modified: 05 Mar 2021 02:48
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item