Pengaruh Tangibilitas Dan Earnings terhadap struktur modal perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta

[error in script] (2006) Pengaruh Tangibilitas Dan Earnings terhadap struktur modal perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Struktur modal merupakan campuran dari instrumen-instrumen finansial yang berupa hutang dan ekuitas yang dapat digunakan untuk membiayai perusahaan. Struktur modal biasanya diukur dengan menggunakan rasio hutang jangka panjang dibagi dengan modal. Atas dasar pertimbangan bahwa struktur modal sangat penting bagi kemajuan perusahaan khususnya dalam meningkatkan produktivitas dan laba. Dalam hal ini perlu dikaji lebih dalam tentang faktor-faktor yang menentukan keberhasilan struktur modal perusahaan. Melalui tangibilitas aktiva tetap merupakan salah satu hal terpenting dalam perusahaan dalam meningkatkan produktivitasnya. investor akan merasa yakin bahwa perusahaan akan dapat mengembalikan pinjamannya tepat waktu karena produktivitas perusahaan akan meningkat bersamaan dengan penambahan aktiva tetap perusahaan. Selain itu investor merasa aman karena adanya aktiva tetap yang banyak sehingga dapat dijadikan sebagai jaminan dalam memperoleh pinjaman. Apabila laba perusahaan tersebut tinggi dapat digunakan para investor sebagai jaminan dalam pelunasan hutang yang dipinjamkan kepadanya. laba yang tinggi meyakinkan investor bahwa perusahaan tidak akan mengalami kemunduran dalam waktu yang dekat dan dapat melunasi seluruh kewajibannya.
Struktur modal diteliti dengan membandingkan antara hutang jangka panjang dibagi dengan modal sendiri. sedangkan tangibilitas diperoleh dengan membandingkan antara aktiva tetap dibagi dengan total aktiva dan earnings diperoleh dengan membandingkan antara laba bersih dibagi dengan modal sendiri. Sampel yang diambil sebanyak 19 perusahaan yang terdiri daari bidang usaha food and beverage, tobacco, wood industries, pharmaceutical, cement, dan household, dan 12 perusahaan diantaranya masuk dalam kelompok LQ 45. Data terdiri dari dua tahun dan kemudian dirata-ratakan. Pengujian menggunakan uji regresi linier berganda dan uji korelasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tangibilitas berpengaruh signifikan dan searah dengan struktur modal. Dalam hal ini berarti semakin besar aktiva tetap perusahaan maka semakin besar struktur modal perusahaan. Sedangkan earnings tidak berpengaruh signifikan dikarenakan laba yang tinggi membuat pihak manajemen merasa tidak perlu mengubah struktur modal. Kerugian atau laba yang terjadi tidak mempengaruhi modal sendiri melainkan dipergunakan untuk membagi deviden.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Marita Dyah Kusumaningsih NIM : 02230104
Uncontrolled Keywords: Tangibilitas, earnings, modal perusahaan, bursa efek Jakarta
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 05 Mar 2021 02:06
Last Modified: 05 Mar 2021 02:06
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item