Bimbingan Teknis Dasar-dasar Proses Pembuatan Komponen Sepatu Rem Sepeda Motor Dengan Model High Presure Die Casting Berbahan Skrap Aluminium Bagi IKM Logam Disperindag Kabupaten Malang

[error in script] (2019) Bimbingan Teknis Dasar-dasar Proses Pembuatan Komponen Sepatu Rem Sepeda Motor Dengan Model High Presure Die Casting Berbahan Skrap Aluminium Bagi IKM Logam Disperindag Kabupaten Malang. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4 (2). pp. 1-7. ISSN 2548-7159 (e)

[thumbnail of Artikel.pdf]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of PEER REVIEW.pdf]
Preview
Text
PEER REVIEW.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of HASIL CEK PLAGIASI.pdf]
Preview
Text
HASIL CEK PLAGIASI.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpkm/article/v...

Abstract

Sepatu rem merupakan elemen mesin menyatu dengan kampas rem yang terpasang di dalam tromol. Saat dilakukan pengereman timbul gesekan antara permukaan kampas rem dengan dinding bagian dalam tromol, sehingga menimbulkan keausan pada kampas rem, akibatnya diperlukan penggantian kampas rem termasuk sepatu rem. Jumlah penduduk Indonesia tahun 2018 mencapai 260 juta dan kepemilikan sepeda motor mencapai 137,7 juta artinya jumlah sepeda motor tersebut, sudah mencapai separuh dari jumlah penduduk Indonesia, sehingga kebutuhan sepatu rem sangat dituntut tersedia dipasaran, karena kampas rem yang sudah aus harus diganti. Kondisi tersebut, memberi peluang bisnis bagi para IKM logam untuk mendirikan industri pengecoran, khususnya di bidang pembuatan sepatu rem. Dipilihnya proses pengecoran tersebut, karena proses pengecoran dapat digunakan untuk proses remelting dan mampu memproduksi dengan geometri produk cor yang rumit dan kompleks serta dapat digunakan untuk produksi massal. Bahan dasar sepatu rem dapat memanfaatkan limbah logam bukan besi jenis skrap aluminium yang memiliki sifat dapat dilebur kembali dan salah satu cara untuk memperoleh produk sepatu rem secara massal tanpa diperlukan proses pengerjaan lanjut dapat menggunakan proses pengecoran jenis HDPC, karena HDPC menggunakan cetakan yang memiliki tingkat kepresisian yang tinggi dan proses pencetakannya dapat dilakukan secara berulang-ulang dengan bentuk dan ukuran produk yang sama.

Item Type: Article
Additional Information: Sufiyanto NIDN: 0728027301
Uncontrolled Keywords: HPDC, Sepatu Rem, Skrap Aluminium
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Rita Juliani
Date Deposited: 20 Oct 2020 11:31
Last Modified: 20 Oct 2020 12:22
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item