Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Nilai-nilai kekeluargaan dalam proses komunikasi budaya furut

[error in script] (2019) Nilai-nilai kekeluargaan dalam proses komunikasi budaya furut. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of HASIL CEK PLAGIASI 22_NILAI-NILAI KEKELUARGAAN DALAM PROSES KOMUNIKASI BUDAYA FURUT.pdf]
Preview
Text
HASIL CEK PLAGIASI 22_NILAI-NILAI KEKELUARGAAN DALAM PROSES KOMUNIKASI BUDAYA FURUT.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Indonesia dikenal dengan negara yang memiliki banyak kebudayaan dimana setiap tempat atau suatu daerah pasti memiiki kebudayaan yang beragam dan pastinya berbeda-beda, hal itu yang membuat Indonesia menjadi unik dari Negara-negara yang lainnya. Dikarenakan terlalu banyak budaya yang ada disetiap daerah, hal tersebut mengakibatkan ada budaya yang sebenarnya sangat unik dan patut diinformasikan kepada masyarakat luar. Contohnya budaya furut yang terdapat pada pernikahan suku dayak lundayeh di Kabupaten Malinau. Dalam budaya furut tersebut terdapat nilai-nilai yang unik didalamnya seperti nilai-nilai kekeluargaan, dimana dalam diskusi budaya furut tersebut dijalankan dengan sistem kekeluargaan.
Tujuan daripenelitian ini adalah penulis ingin mengetahui apa saja nilai-nilai kekeluargaan yang ada didalam proses komunikasi Budaya Furut dalam pernikahan di suku Dayak Lundayeh di Kabupaten Malinau. Penelitian ini juga memiliki manfaat akademik yaitu penelitian ini diharapkan menjadi salah satu tinjauan pengetahuan ilmiah yang berkaitan dengan kebudayaan Indonesia khususnya pengetahuan tentang Budaya Furut di suku Dayak Lundayeh, kemudian penelitian ini juga memiliki manfaat praktis yaitu penelitian ini diharapkan memberi manfaat melalui dan pengetahuan baru yang berkaitan dengan kebudayaan indonesia khususnya pengetahuan tentang Budaya Furut di suku Dayak Lundayeh Skripsi ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan Kualtatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Lokasi penelitian peneliti adalah Kabupaten Malinau dan peneliti melakukan fokus penelitian pada pengetahuan masyarakat dayak lundayeh tentang budaya furut, pandangan masyarakat dayak lundayeh tentang budaya furut, faktor yang membuat budaya furut masih dilakukan oleh suku dayak lundayeh, penerapan budaya furut pada pernikahan berbeda suku, dan tindak lanjut dari budaya furut. Dalam penelitian ini penulis mewawancarai 5 narasumber yang sudah masuk kategori yang telah dibuat sebelumnya oleh penulis. Penelitian ini menggunakan teknik komparating konstan dan juga filling systemsebagai analisis data. Hasil penelitian yang didapatkan oleh penulis adalah bahwa banyak informan yang beranggapan bahwa budaya furut merupakan budaya yang menarik dengan sistem kekeluargaan yang kuat, budaya furut dianggap sebagai budaya yang mengikat dan mengakrabkan kedua belah pihak keluarga yang hendak menikah, terdapat perubahan pada jumlah furut yang telah ditetapkan oleh lembaga adat dayak lundayeh yang tujuannya agar tidak memberatkan kedua belah pihak sehingga hubungan yang terdapat didalam kelaurga tersebut dapat lebih erat dan terjaga lagi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Larry Richard NIM: 15033000046
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Nilai Kekeluargaan, Budaya Furut, Etnografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 14 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2020 06:40
Last Modified: 28 Sep 2020 07:03
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item View Item