Search for collections on University of Merdeka Malang Repository

Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Karyawan Kantor Cabang Perusahaan Asuransi AJB Bumiputera 1912 Malang)

Susanto, Eko Dwi and Wiyani, Wahyu (2014) Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Karyawan Kantor Cabang Perusahaan Asuransi AJB Bumiputera 1912 Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 2 (2). pp. 13-31. ISSN 1829-7528

[thumbnail of 2. Pengaruh Budaya Organisasi.pdf]
Preview
Text
2. Pengaruh Budaya Organisasi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel budaya organisasi yang terdiri dari Inovasi dan Pengambilan Risiko (X1), Orientasi terhadap Tim (X5), Agresivitas (X6), dan Stabilitas (X7), terhadap kepuasan kerja karyawan Kantor Cabang Perusahaan Asuransi AJB Bumiputera 1912 Malang. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perusahaan untuk mengelola budaya organisasi yang ada, dan memberikan referensi atau rujukan bagi peneliti lainnya yang ingin meneliti denga topik yang sama.
Penelitian ini tergolong penelitian asosiatif.Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi barganda. Lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah kantor cabang perusahaan AJB Bumiputera 1912, beralamat di Jalan Jaksa Agung Suprapto 83 Malang, dengan seluruhkaryawannya sebagai populasi penelitian. Karena jumlah populasi yang relatif kecil maka sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi.
Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel-variabel budaya organisasi yang terdiri dari Inovasi dan Pengambilan Resiko (X1), Perhatian terhadap Datail (X2), Orientasi terhadap Hasil (X3), Orientasi terhadap Individu (X4), Orientasi terhadap Tim (X5), Agresisivitas (X6), dan Stabilitas (X7) berpengaruh signifikasn terhadap kepuasan kerja karyawan Kantor Cabang Perusahaan Asuransi AJB Bumiputera 1912 Malang.Secara parsial variabel-variabel budaya organisasi yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan adalah variabel Orientasi terhadap Individu (X4), Orientasi terhadap Tim (X5).Variabel yang secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan adalah variabel Inovasi dan Pengambilan Resiko (X1), Perhatian terhadap Datail (X2), Orientasi terhadap Hasil (X3), Agresisivitas (X6), dan Stabilitas (X7).Dengan demikian diharapkan perusahaan mampu mengelola budaya organisasi yang ada sehingga lebih meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Pengelolaan budaya organisasi tersebut dapat difokuskan ke perhatian terhadap individu dan perhatian terhadap tim karena kedua variabel ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan.

Item Type: Article
Additional Information: Wahyu Wiyani NIDN: 0725096701
Uncontrolled Keywords: Budaya organisasi, kepuasan kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Administrasi Bisnis
Depositing User: Rita Juliani
Date Deposited: 28 Jun 2021 12:33
Last Modified: 28 Jun 2021 12:33
URI: https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item View Item