Evaluasi sistem pengendalian manajemen bagian penjualan dalam menunjang efektivitas penjualan pada PT. Gramedia Asri Media Malang

Sulung, Daniel Meky (2006) Evaluasi sistem pengendalian manajemen bagian penjualan dalam menunjang efektivitas penjualan pada PT. Gramedia Asri Media Malang. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Penjualan sebagai salah satu kegiatan penting yang dilakukan oleh manajer harus direncanakan dan dikendalikan secara baik untuk mencapai tujuan perusahaan. Penjualan mempunyai peranan penting untuk perolehan laba yang tinggi pada harga tertentu dengan biaya yang wajar. Apabila tidak dilaksanakan sesuai dengan pola dan kebijakan serta strategi yang telah dirumuskan dan ditetapkan sebelumnya, maka akan mengakibatkan tidak terealisasinya program penjualan yang telah direncanakan, sehingga tujuan perusahaan untuk mencapai laba tidak akan tercapai, bahkan perusahaan akan mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai sistem pengendalian manajemen terhadap kinerja bagian penjualan yang dilakukan perusahaan, mengevaluasi apakah sistem pengendalian manajemen terhadap kinerja manajer telah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan memperdalam ilmu dan pengetahuan mengenai sistem pengendalian manajemen terhadap kinerja-kinerja penjualan. Teknik analisis yang digunakan adalah menilai sistem pengendalian manajemen yang diterapkan di perusahaan dan menilai kinerja manajer penjualan di perusahaan yang berhubungan dengan pelaksanaan seluruh kebijakan yang bersangkutan dengan bagiannya dan apakah ada penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan. Berdasarkan hasil perhitungan analisis selisih diketahui bahwa anggaran penjualan sebesar Rp. 1.713.240.000 sedangkan realisasinya sebesar 1.472.292.000, sehingga terjadi selisih yang tidak menguntungkan sebesar Rp. 240.948.000,-. Pembuatan laporan pertanggungjawaban ataupun evaluasi dengan menggunakan analisis selisih oleh manajemen, bertujuan untuk mengetahui aktivitas penjualan dari masing-masing produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Dengan demikian apabila ada peningkatan atau penurunan prestasi kerja yang telah mereka capai selama ini dapat diketahui dari laporan tersebut. Juga produk mana yang paling laku dan disukai oleh konsumen, sehingga dapat bersaing dengan produk lain perusahaan sejenis dan menjadikan suatu dasar untuk meningkatkan kinerja manajer penjualan. Berdasarkan data yang penulis sajikan dari PT. Gramedia Asri Media Malang bahwa dari penjualan produk yang tertinggi pada produk buku, karena volume penjualan tertinggi. Berdasarkan keterangan di atas dapat diketahui bahwa, yang perlu ditingkatkan pada perusahaan ini adalah volume penjualannya. Oleh karena itu penulis mengusulkan dilakukannya terus perluasan pasar, sehingga hasil penjualan selain dijual di pasar yang telah ada, juga bisa dijual di pasar lain. Selain itu penulis juga menegaskan pentingnya penerapan sistem pengendalian manajemen yang baik pada PT. Gramedia Asri Media Malang, karena dengan pengendalian yang baik pada bagian penjualan, kelancaran penjualan akan terjamin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Daniel Meky Sulung Nim : 01230031
Uncontrolled Keywords: Sistem pengendalian manajemen, evektivitas penjualan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 11 Jan 2021 05:18
Last Modified: 11 Jan 2021 05:18
URI: http://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/700

Actions (login required)

View Item View Item