Analisis kebijaksanaan penentuan harga transfer terhadap kontribusi laba guna penilaian kinerja divisi pada perusahaan kulit Hadhi Bharata Sejahtera Magetan

Astawa, Made Gede Muri (2006) Analisis kebijaksanaan penentuan harga transfer terhadap kontribusi laba guna penilaian kinerja divisi pada perusahaan kulit Hadhi Bharata Sejahtera Magetan. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Maju dan tidaknya suatu perusahaan dipengaruhi oleh berbagai factor, baik itu factor dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan. Salah satu bentuk penerapan sistem desentralisasi pada perusahaan adalah diterapkannya pada struktur organisasi divisional atau unit pertanggungjawaban dalam bentuk transfer barang dan jasa. Divisi yang ada di perusahaan dipandang sebagai pusat laba yang prestasi manajernya diukur dari seberapa besar laba yang diperoleh divisi tersebut sebagai kontribusi yang mampu meningkatkan laba perusahaan. Sistem penetapan harga transfer merupakan mekanisme yang mengatur dimana harga transfer akan mempengaruhi perolehan laba bagi masing-masing divisi maupun laba secara keseluruhan sehingga tidak menutup kemungkinan ada pihak-pihak tertentu yang kurang puas akan harga transfer yang ditetapkan. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis untuk mengadakan penelitian tentang Analisis Penentuan Harga Trasfer Terhadap Kontribusi Laba Guna Penilaian Kinerja Divisi Pada Perusahaan Kulit Hadhi Bharata Sejahtera Magetan. Untuk menganalisis data yang ada, penulis menganalisis beberapa hal sebagai berikut. 1). Penentuan harga transfer berdasarkan harga pasar yang dimodifikasi yaitu harga pasar yang dikurangi dengan biaya-biaya yang dapat dihindari atau ditekan antara lain : biaya angkut penjualan, potongan penjualan, biaya penyimpanan, biaya advertensi, dan komisi penjualan. 2). Penentuan harga transfer berdasarkan metode harga pasar sesungguhnya yaitu harga pasar yang kompetitif yang ada di pasar. 3). Pentuan harga transfer berdasarkan biaya sesungguhnya ditambah laba. Metode ini memperhitungkan total biaya dari divisi penjual ditambah laba yang diinginkan sebesar prosentase tertentu dari total biaya. Dari hasil analisis, harga transfer berdasarkan harga pasar yang dimodifikasi menggambarkan prestasi divisi yang sesungguhnya, mengingat harga ini ditentukan oleh pihak eksternal sehingga merupakan transaksi yang independent terhadap kondisi internal masing-masing divisi yang telah disesuaikan dengan kondisi khusus perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Made Geni Muri Astawa NIM : 99230223
Uncontrolled Keywords: Analisis kebijaksanaan, harga transfer, kontribusi laba, penilaian kinerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 25 Feb 2021 04:03
Last Modified: 04 Mar 2021 02:10
URI: http://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item