Analisis profitabilitas sebagai dasar penilaian kinerja keuangan ( studi kasus pada PT.Prima Karya Manunggal Pangkajene Sulawesi Selatan )

Susanto, Yudi (2006) Analisis profitabilitas sebagai dasar penilaian kinerja keuangan ( studi kasus pada PT.Prima Karya Manunggal Pangkajene Sulawesi Selatan ). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Merdeka Malang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Setiap perusahaan mampunyai tujuan yaitu memperoleh laba, karena dengan memperoleh keuntungan perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan dapat mengembangkan usahanya di masa akan datang. Guna memperoleh laba atau keuntungan tersebut, perusahaan harus mampu bekerja secara optimal dengan mengerahkan seluruh daya dan dana yang ada dalam perusahaan. Keuntungan finansial sebagai penilaian keberhasilan dapat dilihat dari aspek keuangan yang sering dikaitkan dengan laba dan digambarkan dengan berbagai rasio, khususnya rasio keuangan. Rasio keuangan digunakan untuk menganalisis keberhasilan perusahaan pada suatu periode tertentu atau untuk membandingkan keberhasilan perusahaan satu dengan perusahaan yang lain. Salah satu rasio yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan adalah rasio profitabilitas. Rasio profitabilitas merupakan rasio yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan secara keseluruhan dalam memperoleh Iaba dari modal dan aktiva yang digunakan untuk operasi perusahaan. Di samping itu, dengan rasio ini perusahaan dapat mengolah aktiva atau modal sehingga laba yang diperoleh bisa sesuai dengan yang ditargetkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seperti apakah proses penilaian kinerja Yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah PT.Prima Karya Manunggal yang berlokasi di Kabupaten Pangkajene Sulawesi Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data sekunder berupa laporan keuangan (neraca dan laba rugi) perusahaan periode tahun 1999 sampai 2004. berdasarkan laporan keuangan tersebut dihitung Gross Profit Margin (GPM), Profit Margin, Net Profit Margin (NPM), Operating Ratio, Earning Power On Total Invesment, Return On Invesment (ROI), Return On Equity (ROE). Kemudian dari hasil tersebut di nilai efisiensi perusahaan selama periode tahun 2000 sampai 2004 dengan membandingkan hasil-hasil tersebut dari tahun ke tahun. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa PT.Prima Karya Manunggal belum efisien dalam menjalankan usahanya, karena terus terjadi penurunan hasil ratio setiap tahunnya, hanya Gross Profit Margin yang mengalami kenaikan, sedangkan ratio-ratio yang paling penting dalam penelitian ini yaitu NPM, ROI dan ROE terus menurun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nama : Yudi Susanto NIM : 99230084
Uncontrolled Keywords: Rasio Profitabilitas, kinerja Keuangan, PT.Prima Karya Manunggal
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Surya Dannie
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:02
Last Modified: 04 Mar 2021 03:02
URI: http://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item